Jelaskan 9 Cara Menahan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Jelaskan Cara Menahan Bola dalam Permainan . Masih seputar panduan teknik dasar bermain sepak bola yang baik dan benar, redaksi Aktualsport kali ini mengupas teknik menahan bola. Cara mengontrol bola dalam permainan sepakbola ada cukup banyak opsi tergantung kebutuhan, situasi dan kondisi.

Sebelumnya kita jelaskan tujuan menahan bola dalam permainan sepak bola terlebih dahulu. Kontrol bola adalah menghentikan laju bola yang mengarah ke pemain itu sendiri dengan maksud agar mudah dalam menguasai bola yang sudah terhenti. Setelah bola dikuasai bisa ditendang atau didistribusikan ke rekan, ditembak langsung ke gawang lawan dengan mudah karena posisi bola tidak liar atau aktif bergulir.

9 cara menahan bola dalam permainan sepak bola

Cara mengontrol bola pada dasarnya hanya ada empat cara jika ditinjau dari ketinggian bola yang datang ke seorang pemain. Jika anda diminta untuk Jelaskan Cara Menahan Bola dalam Permainan Sepak Bola, sebutkan saja ada empat yakni kaki, lutut, dada dan kepala. Namun dalam pengembangan nya dibagi lagi masing-masing sehingga ada 9 cara.

Kaki

Kaki merupakan bagian vital dalam mengontrol bola, karena sebagian besar posisi bola memang di permukaan lapangan. Teknik mengontrol bola dengan kaki sendiri dapat dibagi lagi menjadi 4 bagian utama.

  1. Bagian atas kaki: saat anda mengenakan sepatu bola, posisi tali sepatu itulah yang disebut atas kaki. Posisi tersebut dapat digunakan untuk menahan bola yang datang nya dari atas seperti bola muntah, liar, bola hasil pantulan yang biasanya arahnya tinggi ke atas dan jatuh vertikal. Cara ini efektif dilakukan jika jauh dari jangkauan musuh karena posisinya rawan diserobot. Sedangkan caranya dimulai dengan mengangkat kaki setinggi lutut, ketika bola menyentuh bagian atas kaki, langsung tarik ke bawah kaki agar bola bisa diredam daya pantul nya.
  2. Bagian dalam-luar kaki: Sisi dalam/ luar sepatu merupakan langganan spot untuk menahan bola-bola datar baik dari operan rekan maupun tipe incoming ball lainnya. Tekniknya selalu sama ketika bola menyentuh bagian kaki manapun, seketika itu langsung tarik kaki searah laju bola agar tidak terjadi pantulan.
  3. Telapak Kaki / Pool Sepatu: Selanjutnya adalah menggunakan bagian bawah kaki untuk menghentikan bola. Cara ini bisa diterapkan untuk bola datar maupun bola tanggung. Ketika bola datar datang angkat kaki lalu tekan bola segera ketika sudah tepat di bawah kaki kita. Sedangkan untuk bola tanggung yang sedikit melayang caranya harus menggunakan kontrol dengan menarik sedikit ke arah belakang tubuh kita agar bola bisa dikendalikan.
Cara Menahan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Menahan Bola dengan Pool

Lutut

Cara menahan bola dalam permainan sepakbola yang juga ada beberapa variasi ialah menggunakan lutut / dengkul. Dilihat dari segi arah datangnya bola, penguasaan bola dengan lutut dibagi tiga yakni atas, samping dalam-luar.

  1. Bagian lutut atas: Permukaan lutut sebelah atas bisa digunakan untuk kontrol bola yang asal ketinggiannya sedang saja, kalau bola tinggi sekali akan rawan memantul saat dikendalikan dengan bagian lutut atas.
  2. Bagian dalam lutut: Bagian ini salah satu favorit untuk mengontrol bola tanggung yang datang dengan ketinggian di bawah perut. Cara menahan bola dengan sisi ini yakni ketika bola telah menyentuh bagian dalam lutut, segera lakukan gerakan mengerem yakni dengan membuka lutut melalui sendi pangkal paha.
  3. Bagian luar lutut: Jarang ditemui kontrol bola dengan sisi luar lutut kecuali terdesak, hasilnya tetap akan lebih apik jika pakai sisi dalam saja.

Dada

Khusus untuk menahan bola dengan ketinggian diatas perut – dibawah dagu bisa menggunakan dada. Cara mengontrol bola dengan dada sendiri dibutuhkan latihan matang dan rutin. Bukan tanpa alasan, kesalahan dalam melakukan trik ini bisa mengakibatkan sesak nafas jika tidak benar. Sering bermain bola akan dengan sendirinya mampu mengontrol bola dengan dada.

Pada panduan dasar, teknik kontrol bola dengan dada hampir sama yakni ketika bola menyentuh kita, segera lakukan gerakan peredam dengan menarik diri. Step demi step nya kurang lebih seperti ini; Bola masih melambung hampir dekat> busungkan dada> bersamaan bola merapat ke dada> tarik atau cekungkan dada seakan membentuk tempat bola untuk berhenti.

Kepala

Kita tidak tahu akan situasi seperti apa yang akan terjadi saat kita bermain bola. Tak jarang kita diharuskan menghadapi bola yang sangat tanggung untuk dikuasai yakni di atas kepala. Cara menahan bola dengan kepala biasanya dilakukan pada sisi kepala bagian depan. Contoh kasus nya ialah ketika pemain dapat bola tinggi tidak keras, ia kontrol dengan kepala agar bola memantul sedikit ke atas kepalanya lalu disambar dengan tendangan salto.

Melakukan trik dan teknik diatas tidaklah gampang jika anda benar-benar masih pemula. Namun jika bermain sepakbola sudah menjadi hobi, secara perlahan akan mahir dengan sendirinya dalam mencari tahu cara menahan bola dalam permainan sepak bola.